top of page

Jangan Abaikan Fungsi Lampu Sein di Motor | PT SOLID GOLD BERJANGKA


PT Solid Gold Berjangka - Lampu sein adalah salah satu fitur keamanan wajib di sepeda motor. Fungsinya sebagai pemberi isyarat ketika motor akan berbelok ke kanan atau ke kiri. Seperti dilansir dr www.astra-honda.com, terkait lampu sein, ada beberapa hal yg harus dilakukan bikers sebelum berkendara & saat mengoperasikan lampu sein.Pertama, sebelum melakukan perjalanan dgn menggunakan sepeda motor, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap fungsi-fungsi lampu di motor.

Tidak hanya lampu sein kanan-kiri, lampu depan, lampu belakang, & lampu rem harus berfungsi dgn baik & benar. Perlu diketahui jika lampu-lampu yg ada di motor bukan hanya utk aksesori atau hiasan, tetapi juga sebagai alat komunikasi atau informasi dr pengguna kendaraan lain. Setelah memastikan kondisi lampu sein berfungsi baik, saatnya mengoperasikan fitur tersebut dgn benar pula. Caranya saat ingin berbelok atau mengubah arah kendaraan, sebaiknya nyalakan lampu sein dgn jarak 3 detik sebelum berbelok ke arah yg dituju.

Hal tersebut bertujuan agar pengendara di belakang dapat mengetahui ke mana motor akan mengarah. Selain itu, utk memastikan keadaan di belakang kendaraan aman, hendaknya pemotor juga melihat kaca spion saat ingin menyeberang atau memutar arah.

Dan yg perlu ketahui juga, jangan sampai menyalakan lampu sein secara mendadak, karena itu berpotensi membuat kendaraan di belakang panik. Apalagi jika motor sedang dipacu dlm kecepatan tinggi.Tidak cukup menyalakan lampu sein secara tepat, pemotor juga disarankan menjaga jarak dgn pengendara di depan minimal jarak 2 detik. Maksudnya adalah misalkan pengendara di depan jalan melewati sebuah pohon. 2 detik kemudian kita melewati pohon yg sama, maka itulah yg disebut jarak 2 detik. Satuan yg diambil adalah dlm satuan waktu, bukan satuan jarak, karena ini berkaitan dgn kecepatan kendaraan. Semakin cepat kendaraan, maka semakin jauh pula jarak dgn kendaraan di depan apabila diukur dgn satuan waktu

Search By Tags
No tags yet.
Follow "THIS JUST IN"
  • Facebook Basic Black
  • Twitter Basic Black
  • Black Google+ Icon
bottom of page